Undangan Dan Faq Startup Center

9:36 PM

Alhamdulillah sejak kami menggagas Indonesia Startup Center sekitar 8 bulan lalu, kemudian diikuti kerja keras menyiapkan sarana dan prasarana fisiknya, program dlsb,  insyaAllah Startup Center yang pertama siap diluncurkan. Karena ini konsep baru dan menimbulkan banyak keingin tahuan, maka pada kesempatan ini kami jelaskan semaksimal mungkin konsepnya berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang selama ini disampaikan ke kami (FAQ Frequently Asked Questions) agar bisa diikuti oleh seluruh pembaca situs ini.

 

 

Apa sebenarnya Startup Center itu ?

 

Dalam konsep kami, Startup Center adalah angkringan tempat berkumpul dan mengobrol secara santai para (calon) pengusaha, penemu ide, pemikir, pemodal, nara sumber dlsb. yang dibutuhkan untuk diimplementasikannya suatu ide usaha.

 

Startup Center juga seperti rumah sakit ibu dan anak. Ketika suatu ide masih di kandungan, didiskusikan dengan para ahlinya untuk make sure ide itu siap bener-bener dilahirkan pada waktunya. Pada saat kelahirannya didampingi oleh seluruh dokter yang masing-masing ahli di bidangnya.

 

Kemudian setelah lahir-pun ikut ditangani dokter anak agar si anak yang baru lahir tersebut bisa tumbuh sehat dan cepat dewasa. Itulah sebabnya tagline kami adalah Delivering Growth melahirkan atau mengantarkan pertumbuhan.

 

Apakah Startup Center  lembaga sosial ? atau perusahaan yang berorientasi profit ?

 

Startup Center-nya sendiri adalah masyarakat, komunitas atau society yang longgar ikatannya. Namun didalamnya sebagaimana tujuannya adalah untuk melahirkan usaha-usaha baryang tumbuh cepat, maka dari society ini diharapkan lahir banyak perusahaan-perusahaan baru yang insyaAllah tumbuh cepat besar.

 

Apakah Startup Center memberikan pelatihan usaha ?

 

Fokus kami bukan memberikan pelatihan, meskipun bisa saja dalam salah satu programnya memberikan pelatihan.

 

Fokus kami lebih kepada coaching, mentoring dan  resources integration yang diperlukan untuk lahir dan tumbuhnya suatu usaha.

 

Apakah Startup Center ada memiliki seluruh ahli-ahli yang dibutuhkan ?

 

Meskipun bukan kami yang memiliki ahli-ahli itu sendiri, insyaAllah melalui society ini sejumlah ahli akan bergabung mengkontribusikan keahliannya masing-masing.

 

Apakah layanan Startup Center berbayar ?

 

Umumnya layanan Startup Center adalah dari kita untuk kita, artinya tidak berbayar.

 

Meskipun demikian bila menyangkut pelatihan khusus, acara khusus yang  memerlukan biaya, bahan pelatihan, pekerjaan khusus dlsb. tentu akan berbayar yang sesuai agar seluruh program Startup Center bisa berjalan secara berkesinambungan.

 

Bagaimana cara bergabung dengan Startup Center ?

 

Anda bisa bergabung dengan Startup Center dengan menghadiri acara-acaranya atau berpartisipasi dalam program-programnya.

 

Apakah harus datang ke Startup Center ? di mana lokasinya ?

 

Untuk program-program yang diadakan di lokasi, maka memang Anda harus datang ke lokasi. Lokasi kantor Startup Center yang pertama ini ada di Jl. Juanda 43 Depok, sekitar 0.5 km dari pintu tol CiJaGo (Cinere Jagorawi) yang di Depok.

 

Lokasi berikutnya menyusul, karena sudah ada minat teman-teman yang ingin Startup Center juga lahir di kotanya.

 

Kalau tidak bisa hadir ke lokasi, bagaimana saya bisa terlibat dalam program-program Startup Center ?

 

Dari waktu kewaktu insyaAllah akan aesuatunya, dilahirkan dan insyaAllah juga dibesarkan.

 

Dengan memahami langsung dan bahkan juga terlibat, maka insyaAllah Startup Center bisa menjadi lahan amal jamai yang baru bagi masyarakat luas -  tanpa harus datang ke Depok atau pusat-pusat Startup Center yang nantinya dilahirkan.

 

Kapan Startup Center yang di Depok siap ?

 

Pembangunan fisik Startup Center di Jl. Juanda 43 Depok insyaAllah kelar hari-hari ini. Insyaallah akan mulai digunakan pertengahan bulan ini.

 

Masyarakat yang hendak hadir pada pembukaannya, diundang untuk datang dalam acara pembukaan dan open house pada hari Ahad tanggal 17 November 2013.

 

Namun mohon maaf sebelumnya, karena tempat parker di gedung Startup Center ini hanya cukup untuk sekitar 50 mobil maka tamu yang bisa datang dibatasi maksimal 200 orang pada acara-acara seperti ini. Saat ini sudah ada sekitar 100-an yang telah mendaftar lebih dulu, berarti yang belum mendaftar silahkan mendaftar tetapi dibatasi hanya sampai 100 lagi.

 

Apakah saya bisa melamar pekerjaan di Startup Center ?

 

Startup Center tidak menawarkan pekerjaan, tetapi kami menawarkan kesempatan untuk di eksplorasi bareng.

 

Bagi para professional atau pekerja yang memiliki passion di bidang tertentu, bisa jadi kesemptan itu terbuka dalam bentuk bukan pekerjaan seperti biasa tetapi kesempatan-kesempatan untuk melahirkan suatu usaha, atau kesempatan untuk menjadi bagian dari suatu usaha baru.

 

Apakah saya bisa berkantor di Startup Center ?

 

Ruangan kantor yang tersedia saat ini sudah penuh dengan team internal kami dan usaha-usaha startup yang telah kami lahirkan, sehingga untuk sementara kami tidak bisa menyediakan kantor tetap bagi penghuni lain.

 

Namun ruangan-ruangan meeting kami bisa dimanfaatkan untuk berbagai pertemuan dengan mendaftar terlebih dahulu.

 

Apakah ada contoh sukses (success story) dari Startup Center ini ?

 

Di negara-negara maju, usaha-usaha baru yang melejit banyak yang lahir dari startup, bahkan negara-negara tertentu memfasilitasinya.

 

Kalau toh tidak ada lembaga resmi, budaya startup ini muncul dan menjadi perbincangan sehari-hari di masyarakat Silicon Valley misalnya dari sanalah antara lain kemudian berbagai usaha besar dunia melejit menjadi seperti yang kita kenal sekarang.

Kategori : Entrepreneurship
Published on Friday, 01 November 2013 06:53
Oleh : Muhaimin Iqbal

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Subscribe