Awas Ada Cerberus Di Jalan Anda

4:00 PM

Awas Ada Cerberus Di Jalan Anda
Details
Kategori : Entrepreneurship

Wednesday, 02 January 2013 06:47

Oleh : Muhaimin Iqbal

Cerberus adalah monster berkepala tiga dalam mythology Yunani kuno yang menjadi penjaga dunia bawah tanah. Diperlukan tiga kepala sebagai perlambang keperkasaannya untuk menghadang siapa saja yang hendak melewati gerbang yang dijaganya. Di antara tempat Anda berdiri sekarang dengan apa yang Anda cita-citakan, ada juga penghadang semacam cerberus berkepala tiga ini. Anda hanya akan bisa sampai pada apa yang Anda cita-citakan bila berhasil membunuh sekaligus tiga kepala cerberus yang dalam hal ini adalahpassivity(kepasifan),procrastination(penunda-nundaan) dan perfectionism(kesempurnaan).

Anda ingin meninggalkan pekerjaan Anda dari perusahaan atau institusi mapan yang kini Anda nikmati, untuk terjun merealisasikan cita-cita menjadi full time entrepreneur. Segala macam kursus dan seminar sudah Anda ikuti, berbagai buku entrepreneurship sudah Anda baca, tabungan untuk modal-pun sudah Anda persiapkan lantas apa yang menghalangi Anda untuk mulai ? tiga hal inilah penghalangnya.

Passivity

Anda tidak mulai-mulai karena tidak ada yang memaksa Anda untuk mulai. Sejak di bangku sekolah dari SD sampai perguruan tinggi Anda terbiasa ujian atau tes dengan menjawab pertanyaan, bukan membuat pertanyaan. Di tempat kerja Anda menjalankan job description Anda, bukan berimprovisasi menyusun job description Anda sendiri.

Ketika Anda akan memulai terjun menjadi entrepreneur, segalanya berubah. Tidak ada lagi pertanyaan yang harus Anda jawab dan job description yang harus Anda kerjakan. Anda harus membuat pertanyaan-pertanyaan Anda sendiri dan sekaligus mencari jawabannya sendiri, Anda juga harus merencanakan job description Anda sendiri sekaligus disiplin dalam melaksanakannya.

Dunia entrepreneur adalah dunia aktif bukan dunia pasif, selama monster kepasifan masih menguasai diri Anda  monster ini harus dibunuh lebih dahulu agar tidak menghalangi jalan Anda.

Bagaimana merubah sikap pasif menjadi aktif ini ? temukan jalannya dengan menggali apa-apa yang bisa menjadi motif kuat bagi Anda untuk melakukannya. Misalnya dengan menyadari bahwa hidup ini hanya sekali dan usia ini-pun terbatas padahal keinginan kita tanpa batas, mengapa tidak mengejarnya secara maksimal selagi usia masih ada ?

Procrastination

Sejak sekolah dari SD sampai di perguruan tinggi Anda terbiasa belajar menjelang hari ujian, belajar untuk menghadapi tes. Anda menyia-nyiakan waktu yang banyak setiap hari, dan belajar habis-habisan hanya menjelang ujian. Ketika Anda bekerja, sering harus kerja lembur menjelang tutup buku  menjelang berakhirnya tenggat waktu.

Procrastination atau penunda-nundaan adalah kepala monster berikutnya yang harus Anda bunuh agar tidak lagi menjadi penghalang cita-cita Anda.

Kebanyakan pegawai yang ingin pindah kwadran menjadi entrepreneur, menunda-nunda waktu untuk memulainya sampai waktu itu habis. Sampai pensiun ketika menjadi entrepreneur adalah suatu keterpaksaan, ketika fisik sudah tidak lagi perkasa, ketika network sudah banyak berkurang, ketika PD (Percaya Diri) mulai meluruh  Anda bisa bayangkan sendiri peluang keberhasilannya !

Lantas apa solusinya ? Lakukan sekarang apa yang bisa dilakukan sekarang, bila belum bisa dilakukan buatlah time frame untuk melakukannya.

Saya sendiri terus terang dahulu mengalami procrastination ini, karena target saya waktu itu keluar dari jabatan eksekutif saya untuk mulai usaha di usia 40 tahun. Karena keenakan duduk lupa berdiri, cita-cita itu baru bener-bener saya laksanakan 5 tahun kemudian setelah memaksakan diri untuk memilih its now or never !. Time frame yang sudah saya buat sejak usia 30-an memudahkan saya untuk mengambil keputusan ini akhirnya  meskipun agak telat.

Perfectionism

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, maka bila Anda mengejar kesempurnaan Anda akan kehabisan waktu. Perfectionism berbeda dengan excellence, perfectionism akan terus mencari kekurangan untuk bisa disempurnakan, walhasil karena tidak ada kesempurnaan itu maka waktu Anda habis hanya untuk mencari sesuatu yang tidak ada.

Excellence adalah kwalitas yang jauh di atas rata-rata, kalau ini Anda bisa kejar dan memang harus dikejar.

Jadi ketika Anda membuat perencanaan, time frame dlsb. untuk menggapai cita-cita Anda  justru hindari dari sifat perfectionism. Sifat ini akan membuat Anda berputar-putar ditempat karena terus mencari kelemahan untuk disempurnakan. Ketemu kelemahan ini dan berhasil diatasi, muncul lagi kelemahan yang itu yang perlu pula diatasi dan begitu seterusnya.

Untuk melawan perfectionism ini, kembali time frame tersebut di atas bisa membantu. Persiapkan segala sesuatunya secara maksimal, sampai derajat excellence atau jauh di atas rata-rata. Bila time frame Anda habis, mulai implementasikan rencana Anda meskipun masih ada kekurangan di sana-sini.

Menyadari bahwa kesempurnaan itu tidak pernah Anda capai juga akan membuat Anda merasa selalu membutuhkan pertolonganNya. Ketika Anda-pun berhasil, Anda tidak menjadi sombong seolah keberhasilan itu adalah karena kesmpurnaan Anda.

Di tahun baru ini, tahun dimana Anda bertekad untuk merealisasikan cita-cita Anda maka persiapkan diri Anda untuk menjadi perkasa sehingga mampu melawan cerberus Anda yang berkepala tiga yaitu kepasifan, penunda-nundaan dan kesempurnaan. Setelah itulah jalan untuk menggapai cita-cita itu akan terbuka di depan Anda, InsyaAllah !.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Subscribe