4:00 PM

Perubahan Besar Di Pasar…

Beruntung Anda yang tinggal di Jakarta, insyaAllah dalam waktu dekat pasar Anda akan berubah. Pertama karena gubernur Anda nampaknya bertindak tepat untuk mengangkat kesejahteraan penduduk DKI dengan akan dibangunnya 30 pasar gratis untuk rakyat â€" sesuatu yang beberapa tahun terakhir banyak dikampanyekan oleh situs GeraiDinar ini. Kedua karena Jakarta juga akan menjadi kota pertama di Indonesia yang insyaAllah siap dengan teknologi Location-Based Marketing (LBM).

 

Pasar gratis untuk rakyat adalah termasuk disruptive innovation yang akan ‘mengganggu’ kemapanan mal-mal dan pasar-pasar yang dijual selangit harga kiosnya sehingga hanya yang kaya yang mampu berjualan di Jakarta. Dengan pasar gratis, semua rakyat diharapkan memiliki akses yang sama untuk berjualan â€" dan ini insyaAllah akan menjadi jalur cepat peningkatan kesejahteraan rakyat.

 

Dampak lebih jauh adalah karena harga barang-barang yang dijual di pasar gratis mestinya sangat kompetitif â€" karena unsur biaya tempatnya minimal â€" maka masyarakat dari berbagai lapisan akan kembali menggemari pergi ke pasar gratis ini.

 

Mal-mal, maret-maret sampai yang hyper sekalipun akan segera memiliki pesaingnya yang sepadan, yaitu pasar gratis bagi rakyat. Mungkin tidak akan sampai mematikan mereka karena akan tetap ada golongan atas yang mementingkan convenience ketimbang harga, tetapi setidaknya akan mengerem laju perkembangan mereka yang begitu ekspansif dalam dua dasawarsa terakhir.

 

Kalaupun pasar gratis-nya Jokowi ini belum cukup untuk memeratakan akses pasar bagi rakyat, teknologi social media insyaAllah akan melengkapinya dengan apa yang disebut Location-Based Marketing (LBM) â€" bahkan untuk tingkat dunia ini sudah ada asosiasinya yang disebut Location-Based Marketing Association (LBMA).

 

Aplikasi dari LBM ini bisa sangat luas, yang menjadi pembatas hanya kreatifitas para pengembangnya. Maka di bidang usaha apapun Anda, insyaAllah dalam waktu dekat Anda sudah bisa mengembangkan aplikasi LBM ini yang spesifik untuk usaha Anda. Bahkan saat inipun saya tahu sudah ada team dari sejumlah talenta muda yang siap membantu Anda untuk pengembangan aplikasi LBM ini.

 

Kombinasi antara perkembangan kecanggihan smartphone dan social media, membuat pemasaran kedepan bukan lagi mengandalkan apakah outlet Anda ada di lokasi-lokasi strategis di mal-mal dan pasar-pasar, tetapi mengandalkan apakah jaringan Anda mudah terdeteksi eksistensi-nya dari mobile maps yang berada pada genggaman konsumen Anda.

 

Contoh yang lebih primitif-nya adalah eksistensi di web atau blog, Anda mengenal dan membeli Dinar bukan karena Gerai Dinar memiliki outlet di mal-mal atau pasar-pasar emas, tetapi karena Anda bisa menemukan GeraiDinar.Com ini di web.

 

Location-Based Marketing beberapa langkah lebih maju dari sekedar web ini, melalui teknologi GPS dia mendeteksi lokasi keberadaan Anda â€" kemudian menyajikan secara visual hal-hal yang menjadi interest Anda di sekitar lokasi Anda berada. Hasil umumnya akan ruwet seperti peta di atas, tetapi dengan menu khusus Anda akan bisa men-sortir-nya untuk hanya menampilkan yang relevan untuk Anda.

 

Setiap perubahan, ada pemenang yang menggantikan dan ada korban yang digantikan. Maka dengan dua trend perubahan di atas â€" pasarnya Jokowi dan LBM, Anda bisa mengantisipasinya dari sekarang â€" untuk proaktif menjadi pemenang yang menggantikan dan bukan menjadi korban yang digantikan. InsyaAllah !

 

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Subscribe