Arisan Dinar Emas

4:53 AM

Pernah saya temui dalam tulisan sebuah blog bahwa ada sekelompok mahasiswa yang membuat arisan dinar dengan cara seperti arisan biasa, namun dengan mekanisme kurang lebih sebagai berikut :

  1. Harus disepakati berapa orang yang akan ikutan dalam arisan dan berapa jumlah dinar yang akan didapatkan serta setiap tanggal berapa pembelian dilakukan, katakan lah dalam hal ini anggota arisan berjumlah 5 orang dengan dinar yang akan didapatkan setiap kocongan (1 bulan sekali) adalah 1 dinar dan dibelikan dinar setiap tanggal 25 jika libur maka dimundurkan ketika masuk kerja kembali atau sesuai dengan kesepakatan kelompok arisan tersebut.
  2. Maka rupiah yang dikeluarkan oleh setiap orang dalam satu kelompok adalah harga 1 dinar dalam rupiah dibagi 5, maka masing-masing anggota harus membayar sejumlah uang rupiah tersebut walaupun harga dinar setiap saat berubah jadi ada yang membayar lebih mahal ada juga yang lebih murah tergantung harga dinar ketika transaksi terjadi.
Sungguh sederhana arisan dinar diatas namun jika dilihat dari kacamata uang rupiah jelas setiap orang akan berfikir sungguh enak jika mendapatkan arisan dinar yang pertama karena harga dinar kemungkinan masih berharga murah dibanding harga dinar yang dapat paling terakhir.

Adilkah arisan dinar seperti diatas ?, kalau menurut saya arisan diatas adil karena setiap anggota pasti mengeluarkan nilai rupiah yang sama untuk mendapatkan 1 dinar, baik yang dapat pertama atau yang terakhir tetap mengeluarkan rupiah yang sama.

Namun masih banyak sebagian dari kita merasa sangat sulit mengeluarkan uang untuk arisan dinar karena keterbatasan dana, maka ada cara yang lebih mudah walaupun bukan dengan arisan seperti contoh diatas, cara yang paling mudah dan mungkin dilakukan saat ini adalah dengan tabungan dinar, seperti kita ketahui bahwa sangat sulit bank mendapatkan ijin untuk mengeluarkan produk berbasis emas, karena memang banyak kepentingan disana.

Namun tidak demikian halnya dengan BMT, BMT dapat mengeluarkan produk berbasis emas, nah ada satu BMT yang sudah online dalam hal pembelian dinarnya, bahkan dengan nominal kecil, untuk lebih jelasnya silakan baca tulisan saya tentang beli dinar dengan mencicil, dengan metode seperti ini maka anda dapat mencicil dinar sesuai dengan kemampuan namun masih dibatasi dengan minimal pembelian adalah 0.1 dinar. MAU ?.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Subscribe