Mata Uang Dinar

9:34 PM


Judul diatas sama dengan nama blog ini, ingin rasanya menjadikan Dinar sebagai mata uang yang resmi, dapat di terima oleh seluruh dunia sebagai sebuah mata uang, layaknya mata uang fiat yang selama ini telah beredar luas dimasyarakat.

Banyak faktor yang mengakibatkan mata uang yang terbuat dari emas dalam hal ini mata uang dinar, terbelenggu dibanding mata uang fiat lainnya, beberapa faktor besar adalah :

  1. Banyak yang berfikir bawah dinar dan dirham tidak praktis untuk melakukan transaksi, mereka beranggapan bahwa untuk melakukan transksi harus membawa fisik dinar dan dirham yang tentunya sangat merepotkan (berat) dalam jumlah yang besar.
  2. Interfensi pihak-pihak yang berkepentingan dengan beredarnya uang kertas, karena kalau dinar dan dirham dihadirkan sebagai mata uang, sungguh mata uang lain yang terbuat selain dari emas dan perak atau logam lain yang memiliki nilai akan hancur dan tidak berharga layaknya kertas sampah biasa (belum dihadirkan saja sudah terlihat kehancurannya).
  3. Mudahnya menciptakan uang fiat (mencetak uang kertas) bagi suatu negara dibanding mencetak dinar dan dirham (kalau cetak dinar dan dirham harus ada emas dan peraknya tidak semudah menebang pohon untuk cetak uang kertas).
  4. Dilepasnya backup emas terhadap uang fiat yang beredar, dahulu sebelum tahun 1971 setiap negara yang mengluarkan uang fiat harus mempunyai cadangan emas sebagai jaminan terhadap uang yang di edarkannya sehingga nilai setiap mata uang di dunia sama nilainya, tidak seperti sekarang ada mata uang suatu negara yang hancur karena dimainkan oleh para spekulan, masih ingat tahun 1997-1998 saat mata uang Rupiah hancur karena dipermainkan oleh segelintir orang.
Masih banyak sebenarnya alasan dibalik dibelenggunya dinar sebagai mata uang, namun bagi kita tidak mudah untuk menjadikan pemerintah menggunakan dinar sebagai mata uang, oleh karena itu bagi anda yang mengetahui informasi pada blog ini, menyelamatkan diri sendiri dahulu sepertinya lebih baik dibanding dampak yang timbul jika berlama-lama memegang uang fiat, Wallahua'lam.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Subscribe