Ketika Daud Mengalahkan Jalut

6:46 PM

Hampir setiap kita memiliki tantangan besar untuk ditaklukkan, sebagai pribadi, sebagai perusahaan/institusi, sebagai umat dan juga sebagai bangsa. Tantangan itu kadang seolah terlalu besar untuk bisa ditaklukkan sehingga kita malah memilih untuk tidak berbuat apa-apa, meskipun kita terpaksa harus hidup bersama gajah di ruang tamu kita  seperti yang pernah saya ceritakan di situs ini empat tahun lalu.  Padahal sesungguhnya ada jawaban dan petunjukNya untuk setiap masalah (QS 16:89) yang kita hadapi -  termasuk dalam menghadapi tantangan terbesar sekalipun.

 

Sebagai pribadi misalnya, banyak di antara kita yang harus hidup di lingkungan kerja yang tidak semestinya. Lingkungan kerja yang bergumul dengan riba, riswah dan sejenisnya. Kita sangat ingin keluar dan membersihkan diri dari semua itu, tetapi amat sangat berat untuk meninggalkannya sampai waktunya tiba yaitu dipaksa meninggalkannya karena usia pensiun baru saat itu terpaksa meninggalkannya.

 

Sebagai umat yang sebenarnya mayoritas dalam jumlah di negeri ini, kita terperdaya oleh sekelompok minoritas yang mengurusi berbagai aspek keperluan hidup kita. Karena yang mengurusi bukan umat ini sendiri, tidak heran bila urusan keuangan kita masih 95 % lebih ribawi. Urusan obat kita 99.3 % belum terjamin kehalalannya. Urusan terbesar dalam pangan, papan dan sandang dikuasai umat lain dan bahkan kini yang riba-pun diwajibkan ke umat ini.

 

Sebagai bangsa kita seoalah tidak berdaya dalam menghadapi masalah-masalah kronis yang sudah begitu mengakar, seperti korupsi yang nyaris merata di seluruh bidang kehidupan dan di seluruh tingkatan. Kita juga terus menghadapi musibah demi musibah yang sebenarnya karena perbuatan tangan kita sendiri, seperti banjir,  asap dlsb.

 

Lantas bagaimana solusinya ? dimana petunjukNya yang meliputi segala sesuatu itu ? PetunjukNya itu antara lain datang melalui kisah yang hampir semua kita mengetahuinya. Hanya selama ini ketika kita mendengar kisah tersebut, barangkali kita hanya memandangnya sebagaimana kisah-kisah yang lain. Menghibur, menambah pengetahuan tetapi tidak menjadi pelajaran apalagi petunjuk untuk berbuat sesuatu.

 

Nah kisah ini saya sajikan lagi dari sumber aslinya, tetapi dengan target untuk menjadi pelajaran dan petunjuk untuk berbuat sesuatu. Inilah kisah Daud ( yang masih belia) melawan penguasa perkasa bernama Jalut.

p class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; line-height: 150%;"> 

Maka tatkala Thalut keluar membawa tentaranya, ia berkata: "Sesungguhnya Allah akan menguji kamu dengan suatu sungai. Maka siapa di antara kamu meminum airnya, bukanlah ia pengikutku. Dan barang siapa tiada meminumnya, kecuali menceduk seceduk tangan, maka ia adalah pengikutku." Kemudian mereka meminumnya kecuali beberapa orang di antara mereka. Maka tatkala Thalut dan orang-orang yang beriman bersama dia telah menyeberangi sungai itu, orang-orang yang telah minum berkata: "Tak ada kesanggupan kami pada hari ini untuk melawan Jalut dan tentaranya." Orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Allah berkata: "Berapa banyak terjadi golongan yang sedikit dapat mengalahkan golongan yang banyak dengan izin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar." (QS 2 : 249)

 

Tatkala mereka nampak oleh Jalut dan tentaranya, mereka pun (Thalut dan tentaranya) berdo`a: "Ya Tuhan kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir". (QS 2 : 250)

 

Mereka (tentara Thalut) mengalahkan tentara Jalut dengan izin Allah dan (dalam peperangan itu) Daud membunuh Jalut, kemudian Allah memberikan kepadanya (Daud) pemerintahan dan hikmah, (sesudah meninggalnya Thalut) dan mengajarkan kepadanya apa yang dikehendaki-Nya. Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebahagian manusia dengan sebahagian yang lain, pasti rusaklah bumi ini. Tetapi Allah mempunyai karunia (yang dicurahkan) atas semesta alam. (QS 2 : 251)

 

Peperangan tersebut sebenarnya antara Thalut melawan Jalut masing-masing dengan pasukannya. Sedangkan Daud adalah remaja belia (konon usianya baru 9 tahun) yang keberadaannya dalam perang tersebut-pun sebenarnya tidak diperhitungkan sebagai pasukan karena belianya ini. Tetapi justru melalui tangan remaja belia bernama Daud inilah musuh besar mereka yaitu Jalut berhasil dibunuh.

 

Kemenangan Thalut bersama tentaranya (dengan melibatkan didalamnya Daud) melawan kekuatan besar Jalut dan bala tentaranya tersebut, menjadi pelajaran dan petunjuk untuk kita semua dalam menghadapi berbagai tantangan terbesar kita. Inti pelajarannya ada pada beberapa poin berikut ;

 

 

1.     Untuk menaklukkan tantangan besar kita memerlukan team yang teruji.

2.     Team ini tidak boleh terkena godaan, lengah dan patah semangat di tengah jalan.

3.     Team ini haruslah  terdiri dari orang-orang yang beriman.

4.     Bukan kwantitas tetapi kwalitas, jumlah tidak menjadi masalah.

5.     Mereka bersabar dan terus berupaya untuk menghadirkan pertolongan Allah karena tidak ada kemenangan selain dengan ijin (pertolongan)text-align: justify; text-justify: inter-ideograph; line-height: 150%;"> 

Juga seperti sabar yang menghadirkan kekuatan yang dijanjikan untuk umat Muhammad ini :

 

Wahai Nabi (Muhammad) !, kobarkanlah semangat para mukmin itu untuk berperang. Jika ada dua puluh orang yang sabar di antara kamu, niscaya mereka dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. Dan jika ada seratus orang (yang sabar) di antaramu, mereka dapat mengalahkan seribu daripada orang-orang kafir, disebabkan orang-orang kafir itu kaum yang tidak mengerti. (QS 8 : 65)

 

Dalam Al-Quran ada 70 kali lebih kata sabar digunakan dalam berbagai situasi. Untuk sabar dalam situasi peperangan  oleh Imam Ghazali disebutnya sebagai syajaah atau berani. Maka sabar jenis inilah yang kita butuhkan untuk menghadapi seluruh tantangan-tantangan besar tersebut di atas. Kita harus berani melawan tantangan itu sebagaimana beraninya Daud yang masih belia melawan Jalut.

 

Keberanian ini juga bukan keberanian yang tanpa dasar atau nekad, kita berani karena yakin (pertolongan) Allah akan hadir dalam setiap perjuangan kita. Bahkan untuk ini Dia sendiri yang memberikan tuntunan cara berdoanya untuk menghadirkan pertolonganNya.

 

 

 

Bukan hanya tuntunan untuk berdoa pula, melaui hadits qudsi Dia bahkan memberikan arahan amalan-amalan yang akan menjamin terkabulnya doa, dan menjamin perlindunganNya.

 

Masih takutkah kita untuk melawan Jalut-Jalut jaman ini ? InsyaAllah tidak lagi !

 

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Subscribe