Satu Passion Banyak Jalan

11:00 PM

Ada konferensi tahunan yang tidak biasa yang sudah berjalan di sepuluh kota besar dunia, konferensi ini diberi nama FailCon kependekan dari Failure Conference  konferensi kegagalan ! Bahkan kegagalan-kegagalan bisa menjadi komoditi menarik untuk menjadi konferensi tahunan. Mengapa demikian ? karena kegagalan memang sangat berharga untuk menjadi pelajaran.

 

Seperti ketika asistennya Thomas Alva Edison mengeluh setelah 2000-an material gagal untuk dijadikan filament lampu,  Edison tetap semangat dengan pandangan positifnya bahwa kita bukan 2000 kali gagal membuat filament, tetapi kita telah belajar bahwa ada 2000 material yang tidak bisa kita jadikan sebagai filament lampu.

 

Itulah yang membedakan Thomas Alva Edison yang mengantongi 1,093 patent dengan orang kebanyakan. Kebanyakan orang menjadi frustasi setelah sekian kali kegagalan, sedangkan orang seperti Edison kegagalan tidak membuatnya berhenti untuk terus belajar dan mencoba mencari jalan lain untuk passion yang sama lain.

 

Passion yang saya belum ketemu terjemahannya yang pas dalam bahasa Indonesia intinya adalah kesukaan, minat atau keinginan yang sangat kuat terhadap sesuatu. Adanya passion ini bisa menjadi penggerak yang sangat penting bagi Anda yang ingin menjadi entrepreneur, innovator atau keduanya.

 

Sebaliknya, ketiadaan passion akan membuat Anda gampang frustasi ketika mengalami kegagalan dalam suatu hal, kemudian mencoba lagi dari awal hal lain yang sama sekali berbeda. Pindah dari satu bidang ke bidang lain ini yang membuat Anda tidak memiliki accumulative lesson learnt.

 

Jadi satu hal sederhana yang bisa menjadi langkah awal untuk terjun ke dunia usaha adalah temukan passion Anda terlebih dahulu. Dari sini kemudian Anda bisa elaborasi sisi-sisi yang bernilai ekonomi dan kemudian Anda bisa membuat rencana bisnisnya dengan tools berupa business plan atau business model yang pernah saya tulis di situs ini, maka insyaAllah Edison-pun bisa kalah oleh Anda !

 

 

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Subscribe