Solusi Dengan Berbagi

8:05 PM

Beberapa bulan lalu saya menawarkan solusi untuk mengatasi dua masalah terbesar Jakarta yaitu banjir dan kemacetan. Solusi dengan konsep taawun atau tolong menolong itu salah satunya bener-bener mulai kita tindak lanjuti dengan serius. Project berbasis teknologi mobile untuk berbagi telah kami kembangkan dan kini siap di uji-coba-kan. Teknologinya sendiri mungkin sederhana, tetapi bila dengan perantaraan teknologi ini masyarakat Jakarta menjadi gemar berbagi maka itulah solusi yang sesungguhnya bagi problem-problem yang selama ini belum teratasi.

Bayangkan sekarang situasinya. Anda sekarang pergi dan pulang kerja searah dengan ribuan orang lainnya yang sangat bisa jadi sebagiannya searah dengan Anda, tetangga Anda, sekantor dengan Anda, segedung dengan Anda, dlsb.dlsb. Dari Cibubur misalnya, ada puluhan ribu kendaraan menuju Jakarta setiap pagi dan sejumlah kendaraan yang sama sore harinya pulang balik dari Jakarta.

Demikian pula dari Bogor, Bekasi, Tangerang, Serpong, Banten dlsb. Masing-masing membayar bensinnya sendiri, bahkan masing-masing sebagiannya disubsidi oleh pemerintah. Pendek kata gara-gara kita menggunakan kendaraan sendiri-sendiri inilah segala problem itu muncul. Mulai dari biaya hidup yang mahal, kemacetan, subsidi pemerintah yang tidak terbendung, polusi udara yang semakin buruk dst.

Maka solusi dengan berbagi itu menjadi ideal. Satu solusi yang bisa mengatasi sejumlah masalah sekaligus, mulai dari biaya hidup sampai kemacetan , subsidi dan polusi. Tetapi dengan siapa kita akan berbagi ?, disitulah masalahnya. Berbagi hanya dengan satu atau dua orang yang kita kenal membuat jadwal kita tidak fleksibel dan harus bisa saling berkorban menyesuaikan. Berbagi dengan orang-orang yang tidak kenal bisa berbahaya dan menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan.

Maka teknologi yang kami perkenalkan adalah kombinasi untuk berbagi perjalanan, dengan orang-orang yang pas searah dengan perjalanan Anda pada jam yang kurang lebih sama dan orang-orang yang bisa Anda kenali jati dirinya lebih dahulu. Untuk sementara aplikasi ini tersedia bagi Anda yang menggunakan samartphone Android dan Blackberry. Solusi lain dengan iPhone, mobile web dlsb. insyaAllah akan kami susulkan.

Cara kerja berbagi ini dapat Anda ikuti melalui skema dibawah :


Pertama Anda mencari orang yang searah perjalanan Anda dengan jam yang kurang lebih sama. Orang yang searah dengan perjalanan Anda ini bisa pengemudi (bila Anda hendak menumpang) atau penumpang ( bila Anda pengemudi). Setelah menemukannya, Anda bisa cek profile yang berangkutan. Bila Anda comfortable, maka Anda bisa membuat perjalanan yang searah dengan waktu yang relatif bersamaan. Anda bisa berkomunikasi dengan orang tersebut lewat aplikasi yang sama dan mulailah Anda berbagi untuk satu perjalanan ini. Setelah sekali menggunakannya, insyaAllah Anda akan familiar dengan system berbagi yang kami sebut O-JEX Ride Sharing ini.

Berbagi ini bisa saling menggratiskan atau dengan saling berkontribusi dengan biaya tertentu. Well, mungkin Anda sungkan untuk menarik ongkos bagi orang yang menumpang mobil Anda. Ndak masalah, kami sediakan fitur premium, dimana penumpang bisa berkontribusi dengan poin untuk meringankan beban perjalanan Anda. Fitur premium ini bekerja berdasarkan prosedur seperti pada ilustrasi di samping.

Penjelasan detil cara penggunaan, cara menjadi pengguna premium dlsb. dapat Anda ituti melalui menu di system Anda (standar menu Blackberry dan Android). Di system pengaturan radius berbagi bahkan Anda bisa mendeteksi hanya orang-orang yang disekitar Anda (gedung yang sama, komplek perumahan yang sama) atau dari radius yang lebih luas misalnya dengan orang se-Cibubur dengan radius maksimum 5 km misalnya.

Untuk radius di atas 5 km, misalnya Anda akan berbagi kendaraan pulang kampung dengan orang Jakarta yang mau bareng-bareng ke Jogja - maka inipun bisa dilakukan dengan menu search atau pencarian. Lebih detil lagi Anda dapat pelajari dari menu tur aplikasi dan tur premium yang kami sertakan dalam aplikasi ini.


Tertarik untuk menjadi orang-orang pertama yang mau berbagi ?. Silahkan download aplikasinya dari link-link dibawah ini, masing-masing beserta petunjuk instalasinya. Bila Ada kesulitan insyaAllah team teknis kami yang akan memandu Anda.

Link untuk download aplikasi O-JEX :

Blackberry : 
Kategori : Entrepreneurship
Published on Thursday, 23 May 2013 05:32
Oleh : Muhaimin Iqbal

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Subscribe